Langsung ke konten utama

Cerita Melawan Jerawat


Sekitar 7 bulan yang lalu wajah aku dipenuhi dengan jerawat. Karna wajahku putih kemerah-merahan, jadi ketika ada jerawatnya semakin terlihat merah. Kadang aku iri dengan kulit teman yang sawo matang karna waktu ada jerawatnya ga kelihatan banget. Ehe. 

FYI aja, jerawat aku dulu bukan jerawat papula (acne meradang, merah, ada gundukan atau bengkak gitu) melainkan jerawat pustules (acne meradang merah ada pusat keputihan atau kekuningan berisi nanah atau cairan) dan jerawat tipe kista acne; sejenis jerawat yang jauh lebih besar tetapi berisi nanah dan sedikit besar (5mm diameter atau lebih). Sebenernya tipe jerawat ini ga boleh dipencet karna bakalan memperparah si jerawat dan bisa bikin bopeng juga. Tapi tangan aku gatel banget buat mencet alhasil wajah aku makin merah tapi untung ga bopeng-bopeng banget. hehe.
Setelah mencoba berbagai macam produk untuk acne baik itu skincare dari drugstore (yang pernah aku pake : wardah-dan ga cocok), klinik kecantikan (bersih, abis itu jerawatan lagi), racikan apoteker (hampir bersih akhirnya breakout), sedih kaaannn udah coba ini itu hilang sih tapi balik lagi dan baliknya langsung banyak. Akhirnya, aku berlabuh pada dokter (ciye berlabuh).
*Catatan : jangan sering ganti-ganti dokter, kalau ada masalah dan ngerasa ga cocok coba konsultasikan ke dokter kamu terlebih dahulu
Waktu ke dokter ini ga langsung sembuh loh, butuh waktu lebih kurang 8bulanan untuk mendapatkan wajah bersih, ya walaupun masih ada jerawat satu dua tiga yang muncul, tapi hanya pada saat telat haid, mau haid, sering begadang, banyak pikiran, galau, gundah gulana dan terlalu banyak makan makanan yang manis dan berminyak. Jangan salah makanan juga berpengaruh ke wajahmu. “kamu adalah apa yang kamu makan”, kurang lebih istilahnya begitu hehe

Setelah melewati asam garam wajah berjerawat, ini beberapa kiat yang aku lakukan untuk mendapatkan wajah bersih (walaupun masih ada jerawat yang muncul, tapi setidaknya ga banyak dan langsung hilang) :

  • Mengatur pola makan
Ini sebenernya bukan mengatur jumlah makan jadi 3 piring sehari sih. Ini lebih ke menseleksi makanan apa aja yang bakalan masuk kedalam mulut kita. Seperti yang aku bilang tadi “kamu adalah apa yang kamu makan”. Jadi, kalau kamu mau punya wajah yang bersih, jangan makan makanan yang bisa menyebabkan kamu jerawatan, banyak makan sayur, buah (dan aku malas makan dua-duanya hehehehe). Kalau aku pribadi mengurangi makan ayam. Karna kakak aku pernah bilang gini “dek, gimana kamu ga jerawatan, makannya ayam terus”. Pasti nanya, kenapa makan ayam bisa jerawatan? Katanya sih karna ayam sekarang kan makannya pelet. Awalnya aku ragu, tapi bener loh. Sekarang memang aku mengurangi makan ayam, dan emang populasi jerawatnya berkurang. Pernah waktu itu aku makan ayam 3 hari berturut-turut, dan tadaaaaa jerawatan lagi dong. Terus kurang-kurangi makan makanan yang pedas. Ga baik buat kulitmu ;)

  • Memakai masker
Masker yang saya maksud disini masker yang buat debu ya. Karna waktu itu aku pernah baca tips lebih kurang katanya gini “Gunakan masker saat kamu berjalan kaki di tepi jalan. Khususnya buat kamu yang bekerja atau bersekolah di kota-kota besar. Masker akan meminimalisir paparan polusi dan asap penyebab jerawat pada wajah.”

  • Bagi wanita yang suka memakai counditioner, hati-hati dalam pemakaiannya karena counditioner juga bisa menyebabkan jerawat. Hal disebabkan karena minyak dalam conditioner itu banyak. Dan rajin-rajinlah dalam mencuci rambut.
  • Segera bersihkan wajah setelah beraktifitas. Karna dokter aku pernah bilang gini “kalau udah nyampe rumah, langsung bersihin wajah. Kalau mau pake bedak lagi gapapa. Yang penting bersihin wajah.” Aku kalau habis pulang dari mana-mana pasti langsung bersihin wajah dan waktu mau sholat dzuhur, tapi cuma pake milkcleanser (habis itu pakai sunblock lagi). Karna pemakaian sabun pada wajah maksimal dilakukan 3 kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah dengan sabun malah bisa memperbanyak jerawat.
  • Bersihkan wajah sebelum tidur. Ini yang terpenting. Penting banget!! Waktu mau tidur, aku bisa bersihin wajah menggunakan milk cleanser sampai 2 kali biar bersih dan lanjut ke facial wash.
  • Dan ini yang paling penting. Biasakan sebelum pegang wajah kaya mau pake cream, membersihkan wajah, mencuci  muka, mengambil wudhu, cuci tangan pake sabun dulu. Kebayang ga berapa kuman dan bakteri yang kamu transfer dari tangan ke muka saat pegang wajah? Apalagi saat mencuci muka pake sabun, sebelumnya kan sabunnya di tangan dulu, dibusain, pas dibusain kuman-kumannya di sabun, terus kita malah usapin ke wajah kita. Sereeemmm..
  • Minum nutrimax viena. Aku pernah coba ini sampai botol ke 4. Dan jerawatku memang hilang.
  • Banyak minum air putih! (jangan lupa baca doa biar manjur hehe)
Catatan : untuk ngilangin jerawat emang harus sabar, karna butuh lebih kurang 2-6 bulan sampai jerawat hilang tergantung jenis wajah (aku sampai 7 bulan! Bayangkan!). Jangan terlalu sering ganti-ganti skincare karna itu bisa memperparah keadaan kulitmu.
Sekian cerita aku tentang jerawat. Semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan dan masukan isi comment box di bawah yaaa.. terimakasiiihh..

Komentar

  1. jadi ingat dulu pernah bermasalah dengan jerawat butuh waktu yang lamaaa banget mengembalikan kulit ke kondisi semula. tapi meskipun sudah nyoba produk ini itu dan belum ada hasil, aku tetap konsisten gak mau ke dokter karena kalau takut ketergantungan.. alhamdulilah sekarang udah sembuh, sekarang fokus ke skincare yang mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak biar gak balik lagi jerawatnya :D

    BalasHapus
  2. wah iya kak? pake apa aja kak? fyi aku cuma pake krim malem dari dokter aja, yang lain beli di apotek hehe

    BalasHapus
  3. Saya juga Alhamdulilah setelah minum Viena jerawat beneran hilang. Trus vacum lama waktu hamil smp skrg. Tp Alhamdulilah jerawatnya gk keluar lg.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW] Immortal Acne Day Cream

Immortal Acne Day Cream *stok arsip 2016* Assalamualaikum! BTW udah tau atau denger produk immortal belum? Ini bukan band atau makhluk immortal ya, tapi salah satu merk perawatan yang sering dipakai oleh dokter-dokter kulit. Awal tau immortal ini dari dokter saya, tempat konsultasi dan berobat jerawat waktu masih di Padang. Sebenarnya produk immortal ini banyak banget, ada day cream, night cream, facial wash, face tonic, milkcleanser, body lotion, astrigent, lulur, dll. Pokoknya beragam banget, mulai dari kulit sensitif, kering, normal, sampai berminyak. Saya memakai immortal acne day cream ini udah lumayan lama. Sekitar satu setengah tahunanlah. Dari wajah merah-merah banyak jerawat, bengep-bengep, sampai sekarang alhamdulillah sudah bersih tapi komedo dan jerawat tetap menghampiri. Yah namanya acne prone ya, memang masalah ini udah kaya makanan sehari-hari hahaha tapi alhamdulillah tidak sebanyak dan semengerikan yang dulu. Sekarang wajah saya jerawatnya jarang palin

[REVIEW] Lervia Sabun Susu Smoothing Solution

Lervia Sabun Susu Smoothing Solution Assalamu'alaikum! Dari kemaren pengen banget review sabun lervia ini. Sebenarnya saya ga pilih-pilih mau pakai sabun apa. Kalau mandi yang penting pake sabun aja udah. Walaupun, tau saya punya 'masalah' dengan kulit badan, tapi saya ga pernah nyari tau kenapa kulit badan saya bermasalah, salahnya dimana dan harus bagaimana. Kalau sehabis mandi badan saya pasti merah-merah dan gatal. Warnanya merah dan gatal tapi bukan bentolan seperti bercak merah gitu. Untuk mengakalinya, saya (dulu) selalu pakai minyak kayu putih atau minyak telon agar kemerahan yang gatal itu hilang. Sampai-sampai dulu bau saya khas banget yaitu bau bayi karna pake minyak telon terus. Jadi kemerahan itu selalu ada di bagian perut, dada, leher dan kadang ada di paha sama muka.  Gatalnya pasti selalu ada sehabis mandi. Mau mandi pake sabun batangan, sabun cair, air panas, air dingin, air yang di daerah panas, daerah dingin pasti gatel. Sampai pada akhir

[REVIEW] Melanox Face UV Protector SPF 30 PA ++

Melanox Face UV Protector SPF 30 PA ++ Assalamualaikum! Sebelumnya di review tentang sunscreen aku udah pernah cerita kenapa tidak bisa kalau tidak memakai sunscreen. Nah kebetulan aku menemukan satu sunscreen yang cocok di aku (cocok di kulit dan cocok di kantong) karna  Melanox Face UV Protector SPF 30 PA ++ ini Oil free formula, non-comedogenic dan non acnegenic. Baca Juga: [REVIEW] Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA ++ Packaging: Kebetulan ini kemasan yang lama, karna  Melanox Face UV Protector SPF 30 PA ++ sudah ganti kemasan warna biru (kemasan aja kok yang ganti). Klaim Product: Krim pelindung sinar matahari yang diformulasikan khusus untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar ultraviolet matahari. Mengandung bahan alami Sodium carboxymethyl betaglucan, ekstra teh hijau dan vitamin E yang memberikan perlindungan pada kulit sehingga mampu memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan dini, menjaga kelembaban serta elastisitas kulit, dan diperk